MP3 Clips

Monday, October 25, 2010

Chipset 4G Wimax besutan Intel telah digandeng oleh 6 perusahaan komputer, seperti Acer, Asus, Dell, MSI, Lenovo, dan Toshiba untuk laptop dan netbook. Laptop dan netbook 4G dengan Wimax embedded chip Intel tersebut, diluncurkan secara bundling bersama operator Wimax Packet One Networks (P1) di Hotel Sunway, Malaysia. "Malaysia adalah negara pertama di Asia yang beruntung bisa mendapatkan laptop dan netbook 4G Wimax," ujar Intel South East Asia Director, Debjani Ghosh.

Menurut Ghosh, dengan tersedianya laptop dan netbook 4G Wimax ini maka akan membantu Malaysia untuk mencapai target 50 persen pengguna broadband. Sejak tahun 2008, P1 telah memiliki 170 ribu pelanggan Wimax, namun diharapkan bisa menggaet pelanggan baru dengan menawarkan kemudahan untuk mengakses Wimax melalui laptop atau netbook.

Michael Lai, CEO P1 mengatakan, pembeli laptop dan netbook 4G akan mendapat gratis akses Wimax dari P1 selama enam bulan I. Laptop dan Netbook 4G Wimax hadir dengan pilihan prosesor Intel Core, Intel Atom, dan dual-mode Intel Centrino Advanced-N, yang disertai (embedded) chipset Kilmer Peak serta solusi Wimax 6250.

"Dengan chipset ini, memungkinkan pengguna laptop dan netbook 4G bisa memiliki opsi untuk terkoneksi melalui WiFi ataupun Wimax," ungkap Managing Director Asia-Japan WiMAX Intel Corporation, Garth Collier Cancun.[bshp]

Mungkin Chipset 4G yang dipasang di Laptop-laptop yang dijual di Malaysia untuk dapat menikmati layanan WiMAX 16e Operator Packet One (P1) adalah buatan pabrik Xirca di Bandung, Indonesia, sebab setahu saya sudah ada kontrak penjualan Chipset WiMax 16e itu ke Malaysia, karena di Indonesia belum ada yang membutuhkannya.

Wah, nikmat sekali ya Rakyat Malaysia, yang mulai sekarang sudah dapat ber-Internet-Ria pakai WiMAX 16e di Laptop-laptop mereka. Ini bakal makin membuat iri Pak Dr. Budirahadjo, Dosen ITB yang sudah sangat merindukan High Speed Internet di Indonesia dengan membayar biaya bulanan Rp 700.000 tetapi masih juga mendapatkan layanan 3G yang lelet..

Sayang seribu kali sayang, beliau masih harus menunggu entah beberapa tahun lagi, sebab yang akan ada di Indonesia adalah WiMAX 16d yang tidak bisa pakai modem berbentuk dongle atau dipasang di motherboard Laptop...

0 comments:

Post a Comment