MP3 Clips

Tuesday, April 20, 2010



Para Operator Telekomunikasi perlu memiliki Roadmap yang jelas dan teruji untuk menuju ke bentuk jaringan telekomunikasi akhir yang dikenal sebagai All IP Next Generation Network atau Advanced International Mobile Telecommunications (IMT-Advanced), sebab dana investasi yang sangat besar yang telah mereka investasikan jangan sampai terbuang karena tidak memiliki Roadmap yang jelas dan terencana dengan baik. Akibatnya akan banyak hardware maupun software yang telah mereka investasi tidak dapat mereka gunakan secara optimal, misalnya karena teknologi yang mereka gunakan tidak mengikuti path (lintasan jalan) yang sesuai dengan peta jalan yang benar (Roadmap).

Beruntung untuk Mobile WiMAX dengan Standar IEEE 802.16e (2005) yang dikawal oleh para ahli telekomunikasi yang tergabung dalam WiMAX Forum yang bekerjasama erat dengan Tim WiMAX 802.16m dan Tim 3GPP (ThirdGeneration Partnership Program) dari ITU akan mampu ber-interoperasi dengan perangkat Mobile 2G/3G yang berevolusi melalui tahapan HSPA, HSPA+, LTE dan LTE-Advanced.

Mobile WiMAX 802.16e itu sendiri yang dikenal sebagai WiMAX 1 akan berevolusi menjadi WiMAX 802.16m atau WiMAX 2 yang intreroperable dengan LTE-Advanced.

Persyaratan interoperable ini sangat penting bagi para operator penyelengara telekomunikasi, sebab dengan tidak adanya interoperability itu, maka jaringan ini akan terisolir dari jaringan yang lebih luas, sehingga akan kurang dipakai oleh para pelanggan. Operator akan menanggung kerugian dari tidak optimalnya penggunaan jaringan.

Operator yang akan secepatnya menyediakan "truely all IP Next Generation Network" dapat dengan cepat mengadopsi WiMAX 802.16e karena sistem ini telah beroperasi baik dan teruji, serta tersedia perangkat terminal (CPE) yang dapat mengaksesnya melalui modem WiMAX (dalam bentuk dongle USB) atau telah di-embedded di Laptop, Netbook, Smartphones, iPad, iPhone, HP Android, dll. Alternatif lainnya, adalah dengan menunggu 1-2 tahun sampai beroperasinya jaringan dan terminal CPE LTE yang diperkirakan mulai pada tahun 2011.

Namun pada umumnya para Operator akan memilih jalur migrasi dengan memanfaatkan teknologi 2G dan 3G yang telah tergelar secara bertahap melalui overlay jaringan yang kapasitasnya sudah penuh dengan jaringan Next Generation Access Network memakai WiMAX atau LTE. Tahap migrasi ini dapat dilihat pada Gambar 8 diatas.

Sedangkan tahapan evolusi teknologi WiMAX dan 3GPP menuju ke jaringan IMT-Advanced pada tahun 2014-2015 adalah seperti pada Gambar 7 diatas.

Silahkan ditanggapi dan semoga bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.

1 comments:

jonhasi said...

Malam pak,
terima kasih atas ulasannya. tapi tanggapannya belakangan ya. Saya mohon ijin untuk baca berkali-kali soalnya masih harus banyak belajar tentang ITC

Post a Comment